College, Taiwan

Persyaratan Dokumen dan Tips Pendaftaran Universitas di Taiwan

Halo teman-teman, kali ini aku mau cerita mengenai proses dan tips pendaftaran universitas di Taiwan. Untuk pendaftaran NTUST bisa dibaca di tulisanku yang ini. Semoga tulisan ini dapat memberikan informasi yang teman-teman butuhkan. Tulisan ini membahas mengenai proses pendaftaran terkait persiapan dokumen, kalau teman-teman mau informasi dan tips terkait pemilihan universitas, beasiswa, tunggu blog post selanjutnya ya. Yuk langsung aja kita mulai.

Pertama, yang paling penting diperhatikan adalah waktu pendaftaran universitas masing-masing. Umumnya dibuka sekitar Januari – Maret. Setiap universitas punya waktu pendaftaran yang berbeda-beda misalnya National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) 1 February – 31 Maret, National Chiao Tung University (NCTU) dan National Tsing Hua University (NTHU) terakhir 15 Maret. Jadi kita harus periksa tanggal yang bener dan jangan sampai salah. Oh iya, beberapa universitas seperti NCTU ada penerimaan awal (early admission) dan udah mulai dari bulan Desember loh.

Penerimaan awal (early admission) sebenarnya sama aja dengan penerimaan biasa. Namun, menurut aku bisa untung juga karena sistem penerimaannya sistem kuota + merit. Maksudnya sistem kuota adalah kalau kamu memenuhi standar mereka dipastikan bisa lolos seleksi untuk early admission. Kemudian maksud sistem merit adalah pendaftar diurutkan berdasarkan prestasi atau nilai terbaik. Pengumuman lolos seleksi juga hampir sebulan lebih awal daripada penerimaan biasa. Jadi kalau kalian sudah selesaikan semua dokumen coba aja daftar di penerimaan awal.

Syarat Dokumen

Setiap universitas punya permintaan dokumen yang berbeda bahkan biasanya jurusan kamu mendaftar minta dokumen tambahan lainnya. Umumnya dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran universitas itu adalah:

  • Formulir pendaftaran universitas di Taiwan
    • disediakan di website pendaftaran (ada yang sistem online)
  • Ijazah terjemahan Bahasa Inggris atau Mandarin oleh penerjemah tersumpah
    • Biaya menerjemahkan beragam. Kalau di LBI UI Rp. 200.000/dokumen untuk terjemahan Indonesia-Inggris dan selesai dalam 7 hari kerja
  • Transkrip terjemahan Bahasa Inggris atau Mandarin oleh penerjemah tersumpah
  • Sertifikat kemampuan Bahasa inggris (TOEFL, IELTS, dll)
    • Ayo mulai berlatih. Setelah tes, hasilnya ga langsung keluar loh. Biasanya harus tunggu 1-2 minggu.
  • CV/Resume
  • Study Plan
  • Recommendation Letter
    • Surat rekomendasi ga langsung dikasih loh. Dosen atau guru juga butuh waktu untuk bikin suratnya hehe
  • Dokumen lainnya yang diminta (contoh: hasil penelitian, hasil desain, piagam penghargaan, dan dokumen penunjang lain)

Beberapa universitas ada yang sudah meminta hasil medical check-up dan surat keterangan asuransi di awal pendaftaran. Ada juga yang memintanya kalau sudah dinyatakan lulus. Jadi, persyaratan dokumennya dibaca baik-baik ya. Urusan pendaftaran universitas di Taiwan sama dengan pendaftaran universitas pada umumnya. Kebutuhan dokumen biasanya sangat tergantung aturan universitasnya. Jadi jangan malu bertanya ke admission office universitas yang dituju.

Beberapa universitas masih mewajibkan pendaftar untuk legalisir dokumen ke TETO (Kantor dagang Taiwan di Indonesia perannya seperti kedubes) sebelum dikumpulkan. Dokumen yang perlu dilegalisir itu seperti ijazah dan transkrip. Namun ada juga yang sudah mengganti aturannya dan tidak mewajibkan legalisir dokumen ke TETO seperti NTUST.

Saran

Persiapan dokumen ini memerlukan waktu yang tidak singkat loh teman-teman. Jadi, kalau kalian sekarang mahasiswa tingkat akhir atau siswa SMA kelas 3 sudah bisa mulai persiapkan dokumen seperti CV/resume, test TOEFL/IELTS, study plan, cari surat rekomendasi, dan dokumen lain yang sudah bisa disiapkan.

Perlu diperhatikan, pendaftaran biasanya dibagi online dan offline artinya kalian perlu daftar secara online di sistem pendaftaran dan mengirim berkas kalian ke universitas yang dituju. Proses pengiriman berkas ini bisa memakan waktu 1 minggu dengan biaya Rp. 400.000 – Rp. 500.000. Berkas itu harus sampai sebelum waktu pendaftaran berakhir. Jadi kalian harus kirim setidaknya 10 hari atau 1 minggu sebelum waktu pendaftaran berakhir. Pihak universitas biasanya juga kasih tau kalau mereka mau pakai jasa pengiriman apa. Ada yang menyarankan pake Fedex atau DHL.

Untuk NTUST dan beberapa universitas lain sudah full online, jadi tidak peru dikirim lagi berkasnya ke universitas terkait.

Agar lebih jelas, aku rangkum ya penjelasan diatas

  • Cek lagi masa pendaftarannya. Jangan sampai kalian sudah siapkan semua dokumen tapi malah kelewatan waktunya.
  • Siapkan lebih awal dokumen yang perlu diproses lama seperti TOEFL, recommendation letter. Kalau ijazah dan transkrip belum ada yang versi final, coba minta ke pihak kampus atau sekolah untuk kasih yang sementara. Biasanya universitas di Taiwan mengizinkan hal ini (karena yang final memang belum ada atau kalian belum resmi lulus). Terutama kalau kampus kalian mewajibkan legalisir TETO (butuh waktu hampir 2 minggu).
  • Kumpulkan dokumen online sebelum deadline dan berkas dokumen kalau bisa 10 hari sebelum deadline.

Untuk tips mengenai study plan, recommendation letter, CV/resume, TOEFL, akan aku bahas di blog post selanjutnya.

See you on my next post!

 

William Wei Chandra (@williamwchandra)

Indonesian born-and-raised, I lived in Indonesia for 20 years and currently live in Taiwan. I speak Bahasa Indonesia, English, and Chinese (and still learning). The next language that I want to learn would be Spanish. I love to write, capture moments, create beautiful things (designing, editing photos & videos), and travel (exploring the nature). Technology blows my mind and I want to be part of the most important time of technology advancement in history. Oh! one more thing, I’m a bullet journalist. I’ve been doing it for more than a year and still going 🙂 🙂 🙂

Tagged , ,

3 thoughts on “Persyaratan Dokumen dan Tips Pendaftaran Universitas di Taiwan

  1. halo kak,
    saat kakak wawancara apa saja kak yang ditanyakan? karena berhubung saya juga ada wawancara beasiswa ke taiwan juga, terima kasih kak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *