Pengalaman Seleksi HSBC | Global Corporate Banking 2020

Seleksi HSBC

Pengalaman Seleksi HSBC | Global Corporate Banking 2020

Hi guys, kali ini aku mau ceritain pengalaman aku mengikuti proses seleksi HSBC. Aku melamar di program global corporate banking untuk kantor Indonesia tanggal 18 November 2019. Aku mendaftar melalui Linkedin dan kemudian dialihkan ke website HSBC. Setelah mengisi, beberapa saat kemudian langsung mendapat email untuk tahap selanjutnya di hari yang sama.

Seleksi HSBC
Seleksi HSBC

Tahapan Seleksi

Sebelum aku jelaskan tahapan selanjutnya, aku akan kasih gambaran dulu keseluruhan tahapan yang akan dijalani ya. Jadi untuk program ini ada 6 tahap, yaitu:
1. Application
2. Online Immersive Assessment
3. Job Simulator
4. HSBC Review
5. Assessment Center
6. Job Offer

2. Online Immersive Assessment

Setelah menyelesaikan tahap 1 yaitu Application, di hari yang sama akan dikirimkan link lagi melalui email untuk tahapan selanjutnya yaitu Online Immersive Assessment. Menurut informasi yang didapat di email, tahap ini adalah tahap penilaian yang meliputi penilaian behaviors, values, dan kemampuan berpikir numerik dan analisis kritikal spesifik HSBC. Jadi untuk mengerjakan tahap ini memerlukan kalkulator dan kertas untuk catatan.

Tahap seleksi ini tidak ada batasan waktu. Namun umumnya bisa dikerjakan hingga selesai dalam waktu 60 menit. Batas waktu pengerjaan sejak menerima email tersebut adalah 7 hari dan jika berhasil mencapai standar yang HSBC inginkan maka akan lanjut ke tahap selanjutnya yaitu Job Simulation Assessment.

Nah, tahap seleksi ini tidak dapat dijelaskan seperti apa dengan jenis test spesifik ya, misal test logika atau numerik atau bahasa. Karena dalam satu test ini, semua jenis soal ada dan tiap jenis soal berbeda-beda. Cara jawab ada yang diminta 1 opsi, ada yang diminta mengurutkan jawaban. Saat mengerjakan test ini, kita tidak bisa menebak selanjutnya akan mendapat soal yang seperti apa. Dari awal hingga akhir, kita akan diberikan video-video yang yang menunjukan pekerjaan dan cara bekerja tim di HSBC. Bisa dibilang video-video itu seperti menonton TV show 1-2 menit. Soal-soal berikutnya ada yang berhubungan dengan video itu, ada juga yang tidak.

Bingung kan? Kita akan bahas video dulu ya. Di video pertama, kita akan menonton video perkenalan. Ada 4 orang yang memperkenalkan diri. Mereka dari negara yang berbeda, divisi yang berbeda, dan semua bekerja untuk HSBC negara masing-masing. Kita akan mengikuti kisah mereka masing-masing.

Contoh Soal Seleksi HSBC

Contoh soal 1: ada video terkait tim A sedang rapat. Kemudian ada 1 orang perempuan kulit hitam yang terlihat ingin menyuarakan pendapat, namun ragu-ragu karena anggota tim lain yang antusias dan saling menyela satu sama lain. Apa yang akan kita lakukan?

Contoh soal 2: Saat tim B sedang kerja, ternyata ada sistem yang lagi rusak dan data untuk mengerjakan jadi tidak dapat diambil. Apa yang akan kita lakukan?

Contoh soal 3: Tim C sedang bekerja dengan tim internasional. Ada satu masalah yang perlu didiskusikan. Bagaimana pendekatan kita dalam mengatur jadwal meeting yang paling efektif?

Soal Hitungan

Kita diminta untuk memilih 1 opsi dari 4 opsi atau mengurutkan dari opsi 1 sampai opsi 4. Ada banyak soal-soal yang seperti itu. Tidak ada jawaban benar atau salah. Kemudian ada juga soal hitungan. Soal hitungannya bukan soal matematika biasa. Menurutku, butuh sedikit pengetahuan terkait ekonomi dasar untuk bisa mengerjakannya. Tapi bukan yang pakai rumus-rumus juga. Tidak semua informasi langsung diberikan di soal secara gamblang dan langsung dihitung untuk dapat jawabannya. Misalnya, kita butuh nilai profit, namun hanya diberikan revenue dan cost. Atau ditanya nilai persentase gross margin dan kita harus menghitung dulu gross margin-nya.

Setelah selesai mengerjakan tahap ini, kita akan diberikan feedback terkait hasil test kita dalam file pdf yang akan dikirim ke email. Kita akan diberi tahu kekuatan kita dimana dan hal yang bisa kita tingkatkan dimana. Namun bukan hasil lolos atau tidak, hanya feedback saja.

3. Job Simulator

Setelah test Online Immersive Assessment, ada tahap yang namanya Job Simulator. Test ini sangat menarik karena kita akan diuji dalam hal menilai suatu bisnis, kemampuan verbal, kemampuan menulis, pembawaan diri, dan menganalisa secara kritis. Sebelum memulai test, kita juga diberi link untuk latihan testnya. Kita akan ditanya 3 pertanyaan yang masing-masing jawabannya akan direkam. Namun pertanyaan ini tidak ada pada testnya dan tidak ada yang sejenis juga. Jadi mungkin hanya untuk latihan mental dan memeriksa peralatan kita. Pertanyaan latihannya seperti mengapa HSBC, mengapa memilih bidang itu, mengapa kita cocok untuk bekerja disana, dll.

Bagian 1: Tes kalkulasi dan tertulis

Ada 6 soal dengan total waktu 22 menit. 5 soal kalkulasi dan 1 soal menulis. Dianjurkan untuk mengerjakan soal kalkulasi selama 12 menit dan menyisakan 10 menit untuk soal menulis.

5 soal kalkulasi:
1. Menghitung rata-rata gaji dari data yang diberikan
2. (Tentang data juga)
3. Menentukan inti dari sebuah artikel
4. Menentukan artikel mana yang memiliki opinion yang lebih strong
5. Menjawab terkait profit dari suatu perusahaan

Soal Menulis:
Kita diberikan grafik-grafik terkait informasi suatu perusahaan yang ingin diakuisisi dan perusahaan kompetitornya. Kita diminta untuk membalas email manager kita, karena dia bertanya “apa perusahaan lain yang mungkin bisa dijadikan pilihan alternatif dan alasannya”.

Bagian 2: Rekam Video

Rekam video, kita diberi waktu 2-3 menit per soal untuk mempersiapkan diri dan langsung menjawab dalam waktu 45 detik sampai 1 menit.
1. Rekam video: Ada suatu skenario tentang kita baru bergabung dengan klien atau tim baru, ditanya bagaimana cara kita membangun hubungan dengan tim atau orang baru tersebut.
2. Rekam video: Ada skenario kita sedang dalam minggu yang sibuk. Manager kita minta deadline pekerjaan, ada beberapa meeting, ada tim lain yang minta bantuan pekerjaan juga, dll. Kita ditanya bagaimana pendekatan kita untuk mengatur jadwal seminggu kedepan.
3. Dalam keadaan yang sibuk itu, ada teman dari tim marketing yang meminta bantuan. Apa respon kita?
4. Rekam video: managing director kita meminta kita untuk mencarikan data. Namun kita belum pernah mengerjakan yang seperti itu dan kita belum ngerti. Apa approach kita untuk menyelesaikan hal itu?

Jadi seperti itu ya soal pada Job Simulator-nya. Memang sangat-sangat menarik :”)

4. HSBC Review

Aku sendiri hingga saat ini belum mendapat kabar. Setau aku, karena tahap selanjutnya itu adalah Assessment Center, biasanya mereka akan mengumpulkan orang dulu untuk dikumpulkan ke Assessment Center itu. Jadi harusnya memang proses review agak lama.

Namun, karena lama dan hingga saat ini tidak ada kabar juga, aku anggap memang tidak lolos dan berhenti sampe di tahap ini saja. Kalau berhasil di Assessment Center, akan lanjut ke proses job offer.

Semoga Berhasil Seleksi HSBC

Jadi begitu ya teman-teman. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat dan bisa dijadikan bahan untuk mempersiapkan diri jika kalian sedang dalam proses seleksi HSBC.

Aku ada beberapa pengalaman lain di perusahaan lain, kalian bisa baca blog lain di link berikut ya:
Pengalaman Tes SHL BCA 1
Pengalaman Psikotest BCA 2
Pengalaman Verifikasi SHL dan Interview BCA 3

Pengalaman Seleksi HSBC
Proses Rekrutmen EY
Proses Rekrutmen Abeam Consulting
Daftar dan Seleksi KPMG

Artikel terkait tips karir dan artikel sejenis dapat dibaca di sini. Good luck!

William Chandra

Find me on Instagram @willowchand