College, Taiwan

Pengalaman Pendaftaran ke NTUST (National Taiwan University of Science and Technology) | Master’s Degree

Pengalaman daftar ke ntust

Halo teman-teman, kali ini aku mau sharing mengenai pengalaman pendaftaran ke NTUST. Proses ini berawal dari tahun 2016 sekitar awal semester 7 aku di UI. Aku sudah mulai mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai universitas di Taiwan. Ini juga bisa jadi tips untuk teman-teman yang sedang mencari universitas di luar negeri, kita harus cari tahu apa aja syarat dokumennya. Walaupun suatu jurusan punya nama yang sama, Setiap universitas punya mata kuliah yang beda-beda, jangka waktu studi yang bisa berbeda, syarat dokumen yang berbeda dll. Kalau untuk Universitas di Taiwan, teman-teman bisa cek juga apakah tersedia beasiswa, kemudian beasiswanya mencakup apa saja. Beberapa beasiswa kuliah di Taiwan sudah aku rangkum disini.

Awalnya…

Setelah mencari informasi di internet, aku juga pernah mengunjungi pameran studi di Taiwan yang waktu itu di Hotel Pullman Central Park Jakarta. Setelah survei di acara itu, aku memutuskan untuk daftar ke:

  1. National Tsing Hua University (NTHU)
  2. National Chiao Tung University (NCTU)
  3. National Cheng Kung University (NCKU)
  4. National Taiwan University of Science and Technology (NTUST)

Pasti ada yang nanya, “Kok tidak mau daftar ke National Taiwan University (NTU)? bukannya itu universitas paling bagus di Taiwan?” Aku sudah beberapa kali mendapat pertanyaan ini atau biasanya orang langsung berasumsi aku akan mendaftar ke NTU. Jadi setelah mencari informasi di website pendaftarannya, NTU tidak banyak membuka kelas full Bahasa Inggris (kebetulan jurusan yang aku mau daftar tidak available) dan beasiswanya lebih kecil jika dibandingkan universitas lain. Nah, itu juga bisa dijadikan bahan pertimbangan teman-teman. Mungkin saja teman-teman sama dengan aku yang butuh beasiswa.

Mulai Mendaftar…

Setelah fokus semester akhir dan skripsi, akhirnya aku lulus. Sampailah di akhir bulan Februari. Entah mengapa aku disibukkan dengan hal lain sampai belum menyiapkan dokumen apapun. Setelah diperiksa, ternyata pendaftaran NTHU dan NCTU tutup tanggal 15 Maret 2017. Cuma ada waktu 2 minggu sebelum deadline dan ijazah aku juga belum selesai. Pendaftaran NTUST tutup tanggal 31 Maret 2017. Jadi, akhirnya aku fokus mengejar deadline pendaftaran ke NTUST. Untungnya lagi beasiswa yang diberikan NTUST itu cukup besar dibandingkan dengan 3 kampus incaranku. Selain itu, aku ingat sebelumnya dosen pembimbing skripsi aku pernah menawarkan untuk kuliah ke NTUST karena UI ada program kerja sama dual-degree dengan NTUST. Lalu awal bulan Maret aku langsung menyiapkan semua dokumen yang diperlukan.

Syarat Dokumen…

Dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran NTUST adalah sebagai berikut:

  1. Formulir pendaftaran (isinya online)
  2. dua surat rekomendasi untuk jurusan information management dan 1 surat rekomendasi lagi untuk jurusan industrial management (aku daftar dua jurusan)
  3. CV
  4. Ijazah dan transkrip bahasa inggris
  5. Study plan 500 kata
  6. Sertifikat TOEFL/IELTS/yang setara
  7. Surat pilihan area riset (untuk jurusan information management. surat ini disediakan bisa download)
  8. Dokumen pendukung lainnya (aku masukan skripsi aku yang udah diubah ke bentuk jurnal bahasa Inggris)

Hingga tanggal 25 Maret 2017, aku masih menunggu 1 surat rekomendasi lagi dari seorang dosen. Setelah mendaftar aku juga masih harus membayar biaya pendaftaran. Oh ya, sekarang di NTUST semuanya sudah online jadi tidak perlu mengirim dokumen hardcopy ke Taiwan. Kemudian NTUST sudah tidak mewajibkan kita untuk legalisir ijazah dan transkrip ke TETO. Jadi lebih mudah ya.

Biaya pendaftaran untuk satu jurusan itu sekitar 30 US Dollar. Setelah aku baca dokumen ternyata bisa bayar pakai kartu kredit, transfer bank lokal di Taiwan, dan bayar sistem international (perlu beberapa hari). Aku membayar menggunakan kartu kredit kakakku. Caranya sangat mudah, kita hanya perlu mengikuti perintah sistem yaitu masukan nomor kartu kredit, masukan nomor ototrisasi kartu kredit, perhatikan jumlah yang dibayar. Langsung diproses online. Kemudian seperti biasa, kita perlu memasukan kode verifikasi yang akan dikirim ke nomor HP pemiliki kartu kredit. Beberapa saat kemudian status pembayaran berubah jadi complete.

Saran…

Oh ya, sebenarnya untuk pendaftar internasional memang disarankan untuk membayar menggunakan kartu kredit karna tidak ada biaya administrasi dan biaya lain-lain. Kalau bayar menggunakan transfer internasional akan ada biaya transaksi dan total biaya registrasi ditambah biaya transaksi yang harus dibayar mencapai 1,2 juta. Kalau menggunakan kartu kredit, biaya yang perlu dibayar hanya biaya registrasi yaitu 2.000 NTD (sekitar Rp. 800.000an -> untuk dua jurusan. Kalau daftar satu jurusan cuma 1.000 NTD)

Semoga pengalaman pendaftaran ke NTUST yang aku berikan bermanfaat ya teman-teman. Kalau ada pertanyaan jangan sungkan untuk tanya di bagian komentar 🙂

Blog post aku mengenai surat rekomendasi bisa dibaca disini -> surat rekomendasi. Kalau untuk study plan bisa dibaca disini -> study plan. Kenapa saya pilih NTUST? Cek disini.

Terima kasih telah membaca 🙂

 

William Wei Chandra – @williamwchandra

Indonesian born-and-raised, I lived in Indonesia for 20 years and currently live in Taiwan. I speak Bahasa Indonesia, English, and Chinese (and still learning). The next language that I want to learn would be French or Spanish. I love to write, capture moments, create beautiful things (designing, editing photos&videos), and travel (exploring the nature). Oh! one more thing, I’m a bullet journalist. I’ve been doing it for almost 1 year    You can follow me @williamwchandra

Tagged

6 thoughts on “Pengalaman Pendaftaran ke NTUST (National Taiwan University of Science and Technology) | Master’s Degree

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *