Pengalaman Daftar dan Seleksi KPMG

Pengalaman Daftar dan Seleksi KPMG

Pengalaman Daftar dan Seleksi KPMG

Hi teman-teman, di blog post kali ini aku akan menjelaskan proses seleksi kpmg dan segala test hingga akhirnya mendapat job offer di KPMG. Bagi yang belum tau, KPMG adalah salah satu dari 4 kantor akuntan publik (KAP) terbesar di dunia. Ketiga kantor lainnya adalah PwC, Deloitte, dan EY. Empat KAP ini lebih dikenal dengan sebutan the Big Four. Walaupun awalnya lebih dikenal sebagai kantor akuntan publik (KAP), namun keempat kantor ini telah lama mengembangkan area bisnis konsultasi mereka seperti management consulting, perpajakan, keuangan, dll.

Pengalaman Daftar dan Seleksi KPMG
Pengalaman Daftar dan Seleksi KPMG

Background

Aku sudah mendaftar ke KPMG melalui website sejak akhir tahun 2019. Namun baru mendapat respon melalui telepon dan email pada tanggal 8 Januari 2020. Pada email tersebut, aku diminta untuk datang ke kantor KPMG untuk melakukan test dan diminta untuk membawa transkrip, ijazah, fotokopi KTP, dan alat tulis. Sebenarnya jadwal test pertama dan wawancara pertama dilakukan pada hari yang berbeda. Namun karena ada konflik pada jadwal, akhirnya aku akan langsung test di pagi hari dan interview di siang hari di hari yang sama.

Test Tertulis

Test-nya terdiri dari 3 bagian yaitu personality test (10-15 menit), abstract reasoning (45-60 menit), dan english test (90 menit) . Untuk personality test, kita diminta untuk mengerjakan DISC test. Contoh soalnya cukup banyak di internet, jadi teman-teman bisa langsung google aja ya (“Contoh soal DISC test”). Untuk abstract reasoning, kita akan memilih hasil dari penggabungan, pengurangan, urutan, atau pola-pola lainnya dari beberapa gambar abstrak. Jadi bukan sekedar menentukan urutan selanjutnya dari 4 gambar. Cukup menarik dan menyenangkan. Untuk english test, ada soal pilihan ganda seperti soal TOEFL dan menulis esai minimal 250 kata dengan topik ekonomi yang telah ditentukan. Ada 8 topik dan kita hanya perlu memilih 1.

Wawancara

Setelah selesai mengerjakan test, aku istirahat makan siang. Kemudian kembali lagi pukul 2 untuk wawancara dengan dua orang senior manager. Proses wawancaranya sangat rileks dan mengalir saja. Diawali pertanyaan standar seperti menceritakan pengalaman sebelumnya, motivasi, keahlian dibidang tertentu dan keahlian sesuai dengan posisi yang didaftar. Selain itu juga ditanya pertanyaan behavioral seperti cara bekerja dalam tim, bekerja dalam tekanan, dan pertanyaan sejenis yang bisa mencerminkan kepribadian kita.

Offer Letter

Sebenarnya ada 2 wawancara, yang pertama dengan senior manager dan yang kedua dengan director atau partner. Namun, aku beruntung karna satu dan lain hal aku bisa langsung mendapat offer letter tanpa perlu wawancara yang kedua.

Sebelum dikirimkan offer letter melalui email, aku terlebih dahulu ditelpon oleh HR terkait job offer tersebut. Di telpon tersebut, kita bisa menanyakan hal-hal terkait offer yang diberikan. Kemudian kita diberikan waktu sekitar 2-3 hari untuk memberikan respon apakah kita menerima atau menolak tawaran tersebut.

Medical Check-Up

Job offer yang diberikan masih dapat berubah keputusan akhirnya tergantung dengan hasil medical check-up. Setelah menyatakan menerima tawaran kerja, kita akan diberikan surat medical check-up melalui email dan pilihan rumah sakit yang bisa kita kunjungi. Saat itu saya memilih RS Siloam Kebon Jeruk. Kita hanya perlu print surat yang diberikan pada email tersebut dan dibawa ke rumah sakit pilihan kita. Medical check-up ini tidak dikenakan biaya dan hasilnya akan langsung dikirimkan ke KPMG. Jadi kita hanya perlu mengikuti proses medical check-up saja.

Closing: Seleksi KPMG

Jadi begitu ya teman-teman proses yang saya jalani dari awal mendaftar dan seleksi KPMG melalui website hingga mendapatkan job offer dan melakukan medical check-up. Hingga saat ini saya masih bekerja di KPMG sebagai IT Assurance dan Cyber Security Associate.

Semoga informasi ini dapat membantu teman-teman yang sedang mencari informasi yang relevan. Jika ada pertanyaan, bisa langsung menghubungi aku melalui kolom komentar ya. Semoga sukses!

Aku ada beberapa pengalaman lain di perusahaan lain, kalian bisa baca blog lain di link berikut ya:
Pengalaman Tes SHL BCA 1
Pengalaman Psikotest BCA 2
Pengalaman Verifikasi SHL dan Interview BCA 3

Pengalaman Seleksi HSBC
Proses Rekrutmen EY
Proses Rekrutmen Abeam Consulting
Daftar dan Seleksi KPMG

Artikel lainnya terkait tips karir dan artikel sejenis dapat dibaca di sini.

Good luck,
William Chandra

Find me on Instagram @willowchand

13 thoughts on “Pengalaman Daftar dan Seleksi KPMG

  1. Malam Kak,mengenai Persyaratan daftar di KPMG,apakah ada/harus berasal dari background jurusan kuliah yang ditentukan oleh pihak KPMG atau semua background jurusan bisa ikutan ya Kak?makasih ya kka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *