Menjaga Keamanan Akses dan Cara Menghindari Serangan Hacker

Menjaga Keamanan Akses dan Data

Menjaga Keamanan Akses dan Cara Menghindari Serangan Hacker

Mengapa harus tau cara menghindari serangan hacker? bukankah sudah dijaga oleh penyedia platform?

Setiap penyedia platfrom tentu menjaga keamanan data dan memiliki cara menghindari serangan hacker milik mereka. Namun, serangan yang ditujukan kepada individu masih dapat terjadi dan hal ini mungkin lebih sering terjadi daripada yang kita kira. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut dapat membaca blog post pentingnya pemahaman keamanan akses dan data.

(©James Thew РFotolia/stock.adobe.com) Cara Menghindari Serangan Hacker

Menjaga dari apa? serangan apa yang umumnya terjadi untuk individu?

Berikut serangan yang umumnya dapat terjadi pada individu:
a. Malware
Malware adalah sebutan umum untuk software berbahaya seperti virus dan ransomware (ransom: pemerasan). Ketika malware sudah masuk ke sistem komputer kita, malware dapat mengambil alih komputer kita, ataupun secara diam-diam memonitor dan mengambil data-data kita. Selain mencuri data, bisa jadi penyerang melakukan pemerasan terhadap korban misalnya harus membayar tebusan untuk mendapatkan kembali data-data penting tersebut. Umumnya, kita bisa mendapat malware saat download file yang tidak terpercaya, klik link berbahaya, atau membuka file (bisa dalam format word atau pdf) yang terlampir di email yang ternyata sudah ter-install malware di file tersebut.

b. Phising

Phising adalah ketika penyerang berpura-pura menjadi orang yang terpercaya seperti mengaku dari bank atau dari lembaga yang sangat terpercaya. Phising menjadi sangat umum dan korban mudah terserang karena metode yang digunakan mengambil kepercayaan korban. Umumnya penyerang mengirimkan email yang terlihat sangat terpercaya dan memberikan batasan waktu pada korban untuk bertindak (seperti harus segera mengganti password, harus segera mengirimkan uang, dll). Pada email akan ada link ataupun file yang ketika di klik akan meng-install malware atau tertuju pada halaman website yang dapat mencuri informasi akun dan password.

c. Man-in-the-middle attack
Istilah mudahnya adalah “nguping”. Ketika penyerang masuk di tengah-tengah transaksi atau pembicaraan dua pihak untuk mengubah ataupun mencuri informasi. Dua cara umum masuknya serangan ini adalah melalui jaringan WiFi yang tidak aman dan malware.

Cara menjaga keamanan akses dan data di internet

Berikut cara menjaga keamanan akses dan data agar dapat terhindar dari serangan cyber:
a. Password yang kuat
– Mulailah dengan menggunakan password yang kuat.
– Gunakan kata kunci yang tidak mudah ditebak seperti tempat lahir, nama sendiri, tanggal lahir, nama atau tanggal lahir keluarga, dll.
– Gunakan kombinasi huruf besar dan huruf kecil, angka dan simbol
– Gunakan password yang lebih dari 8 karakter (semakin panjang password maka kombinasinya semakin banyak, sehingga lebih lama untuk dipecahkan jika penyerang menggunakan password generator)

b. Jangan klik dan buka link atau file sembarangan
– Jika ada email yang mencurigakan seperti dari orang yang tidak dikenal atau alamat emailnya seperti penipuan, maka jangan klik link atau file apapun

c. Jangan install software yang tidak terpercaya
– Biasakan untuk menggunakan software yang resmi dan terpercaya. Software yang tidak terpercaya mungkin mengandung malware yang berbahaya.

d. Hati-hati saat menggunakan WiFi publik
– Jika menggunakan WiFi publik, jangan melakukan transaksi rahasia terutama transaksi keuangan.
– Hati-hati saat memasukan informasi akun dan password, jika bisa gunakan jaringan sendiri.

e. Jangan mudah percaya dengan informasi pada email, harus verifikasi
– Jika mendapat email dari lembaga terpercaya seperti bank, lembaga pemerintahaan yang meminta untuk mengganti password, klik link, buka website, atau download file harus perhatikan baik-baik sumber emailnya. Jika terlihat aneh sedikit saja, maka dapat dikatakan email tersebut mungkin penipuan.
– Prinsip saya saat ini, saya tidak langsung percaya dengan email karena menurut saya jika hal tersebut sangat penting maka saya pasti akan ditelpon (umumnya bank, kantor, dll memiliki nomor ponsel kita dan bahkan nomor ponsel kerabat terdekat jika nomor kita tidak bisa dihubungi).

Penutup: Cara Menghindari Serangan Hacker

Di era teknologi dan internet seperti saat ini, menjadi sangat penting bagi semua orang untuk mengetahui cara menghindari serangan hacker yang semakin marak terjadi.

Semoga informasi di atas dapat meningkatkan kesadaran bagi teman-teman terkait cara menghindari serangan hacker terkait keamanan akses dan data pribadi di internet. Teman-teman bisa share blog post ini ke keluarga atau teman-teman terdekat untuk berbagi informasi agar dapat terhindar dari serangan hacker.

Untuk mengetahui pentingnya pemahaman keamanan akses dan data dapat dibaca di blog post ini.

Postingan ini juga bisa bermanfaat untuk kita semua: 33 tips to avoid getting hacked

Good luck!
Find me on Instagram @willowchand

One thought on “Menjaga Keamanan Akses dan Cara Menghindari Serangan Hacker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *