Mengapa Kuliah di Taiwan? | Alasan Kuliah di Taiwan

Alasan kuliah di Taiwan

Hai teman-teman!! Kali ini aku menulis tentang beberapa alasan kuliah di Taiwan. Aku mau menulis tentang alasan kuliah di Taiwan karena sudah berkali-kali aku ditanya oleh teman-temanku. Setiap kali ditanya kuliah dimana, reaksi mereka pasti salah satu dari dua respon di bawah ini.

Kok kuliah ke Taiwan?

Ha?? Taiwan??

Setelah aku tanya balik mengenai respon mereka, ternyata mereka berharap aku menjawab ke negara barat seperti Inggris atau Amerika. Yahh, yang namanya keinginan orang berbeda-beda, jadi aku tentu punya alasan tersendiri untuk kuliah di Taiwan.

Kemudian kalau kita benar-benar mencari tahu bagaimana negara Taiwan itu, ada banyak hal yang membuat Taiwan menjadi begitu menarik.

Hal Menarik Tentang Taiwan

Berikut adalah beberapa diantaranya.

  1. Taiwan adalah negara yang ramah untuk pelajar terutama taipei (Berdasarkan topuniversities.com, Taipei duduk diperingkat ke-21 dan Hsinchu diperingkat ke-75 sedunia. Kota di Indonesia belum ada yang masuk Top 100)
  2. Taiwan memiliki banyak universitas yang menyediakan beasiswa untuk mahasiswa internasional baik dari pemerintah maupun kampus sendiri. Informasi dapat dilihat disini.
    • Kalaupun kuliah tanpa beasiswa, Biaya kuliah di Taiwan masih affordable. Kurang lebih sama dengan kampus swasta dan beberapa kampus negeri di Indonesia.
  3. Banyak tersedia jurusan dengan international program (kelas bahasa inggris)
  4. Biaya hidup yang hampir sama dengan Indonesia
  5. Berdasarkan topuniversities.com, ada 6 Universitas yang peringkatnya lebih tinggi dari Universitas di Indonesia (Peringkat tertinggi dari Indonesia adalah Universitas Indonesia dengan peringkat 67 se-Asia)
  6. Banyak tempat wisata menarik dan Taiwan punya 4 musim (walau tidak ada salju)

    2014 Four Seasons.jpg

    Postcard yang nunjukin 4 musim di Taiwan (sumber: google images)

  7. Universitas di Taiwan banyak mendapat bantuan dari pemerintah untuk meningkatkan pendidikan mereka terutama di bidang bio-tech, semi-conductor teknologi, bisnis, kehutanan, agrikultur, kimia, dan bidang lainnya.
  8. Lingkungan yang english friendly
  9. Banyak night food market (nyam nyam)

    Miaokou night market 廟口夜市

    Salah satu night market di Taiwan

Kelebihan Taiwan dari Indonesia

Ketika seseorang kuliah ke luar negeri, salah satu alasan tentunya karena mau mempelajari budaya negara lain. Selain itu negara yang dituju harus negara yang lebih baik dari negara kita sendiri agar kita bisa belajar dari negara itu. Jadi berikut beberapa kelebihan negara Taiwan yang belum baik/belum ada di Indonesia.

  • Sistem transportasi yang sudah baik
    • Jadwal keberangkatan bus, kereta, dan alat transportasi lainnya sangat tepat waktu.
  • Budaya antri yang luar biasa
    • Masyarakat Taiwan sangat terbiasa untuk mengantri mulai dari beli makanan,  buang sampah, sampai nunggu masuk kereta juga berbaris rapi.

      taiwan2

      Lagi nunggu MRT, hmm di Indonesia belum pernah nih liat yang begini (sumber: google images)

  • Wajib punya asuransi kesehatan
    • Sebagai mahasiswa internasional, kita diwajibkan punya asuransi yang mencakup asuransi kesehatan dan kecelakaan. Ketika kita mengalami kecelakan, sakit yang memerlukan perawatan, atau biaya obat akan menjadi sangat murah. Misalnya teman saya menjalani pemeriksaan rontgen kaki dengan total biaya 1.200 NTD tapi setelah dipotong asuransi hanya membayar 200 NTD.

Nah, jadi begitu teman-teman. Di beberapa aspek terutama untuk menunjang pendidikan, Taiwan sudah lebih baik daripada Indonesia. Jadi, jangan ragu-ragu untuk melanjutkan studi di Taiwan ya.

Good Luck!

7 Comments

  • Saya Diterima di National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) Fall 2017 27 Mei 2017 at 11:28 AM

    […] Mengapa kuliah di Taiwan? […]

    Reply
  • yana 13 Juni 2017 at 5:20 AM

    saya mau tanya ada ndak mahasiswa indonesia yg kuliah ndak pake beasiswa mas?

    Reply
    • William Wei Chandra 15 Juni 2017 at 6:18 AM

      Halo Yana, ada kok yang tidak pake beasiswa dan sebenarnya malah banyak loh. Biaya kuliah di Taiwan kurang lebih sama dengan di Indonesia. Misalnya setelah saya cek, ternyata biaya kuliah S2 saya di Taiwan sama dengan biaya kuliah S2 di Indonesia. Kamu ada rencana mau kuliah di Taiwan?

      Reply
  • Ivoraa 5 Oktober 2017 at 2:14 PM

    Saya mau tanyaa, jika masuk ke sana trus mandarinnya pas pasan.. gimana bisa mengikuti pelajaran?

    Reply
    • William Wei Chandra 7 Oktober 2017 at 8:15 AM

      Hai, kalau s2 bisa daftar jalur international jadi bahasa pengantarnya bahasa inggris, sedangkan s1 biasanya jarang yg menyediakan program international, jadi perlu bisa bahasa mandarin.

      Reply
  • sri clinton 29 November 2017 at 1:19 AM

    kak… saya gak ada ada niat tes TOEFL/ IELTS dan lain2 yg hubungannya sama bhs inggris… sebab saya ke taiwan bener2 pengen yang basic mandarin… misal saya sekolah bahasa mandarin di taiwan, terus dapat sertifikat.. lalu saya mendaftar universitas di taiwan.. boleh gak saya menggunakan sertifikat tersebut untuk pengganti setifikat TOEFL/IELTS???

    Reply
    • William Wei Chandra 29 November 2017 at 12:08 PM

      Halo, kalau kamu mendaftar dengan status overseas chinese kemungkinan bisa karena sertifikat TOEFL bisa diganti dengan sertifikat tes Bahasa Mandarin. Kalau kamu mendaftar dengan status international umumnya TOEFL itu wajib. Nah, untuk informasi yang lebih pasti, mungkin kamu bisa kontak Universitas tujuan kamu dan tanya apakah mendaftar jurusan dengan program Bahasa Mandarin boleh hanya menggunakan sertifikat Bahasa Mandarin, kira kira begitu. oh ya, syarat sertifikatnya juga ada minimal level berapa. jadi perlu diperhatikan juga ya.

      Good Luck 🙂

      Reply

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: