Legalisir Dokumen di Kemenkumham, Kemenlu, TETO dan Pembuatan VISA Taiwan

legalisir dokumen di kemenkumham, kemenlu, teto

Hai teman-teman, di blog post kali ini aku mau sharing pengalaman aku saat legalisir dokumen di kemenkumham, kemenlu, TETO, dan pembuatan VISA Taiwan. Menurut aku tidak hanya teman-teman yang mau ke Taiwan yang mendapat manfaat dari blog post ini, karena proses legalisir untuk kedutaan juga sama mulai dari legalisir dokumen kemenkumham, kemenlu, dan kedutaan masing-masing.

Update: Ternyata, legalisir TETO itu tergantung kebijakan kampus. Kalau kampus kalian tidak mewajibkan legalisir TETO,  maka kalian tidak perlu legalisir TETO. Jadi bisa langsung mengajukan VISA (Apabila diminta legalisir TETO, tinggal menunjukan bukti dokumen bahwa pihak kampus tidak meminta legalisir TETO). Agar lebih yakin, teman-teman bisa langsung kontak kampus masing-masing yaaa.

A. Legalisir Dokumen

Secara umum, alur proses pengurusan VISA Taiwan dimulai dari Notaris*, Kemenkumham, Kemenlu, dan terakhir TETO.

Kemudian Dokumen yang dibutuhkan adalah:

  1. Ijazah versi Bahasa Inggris
  2. Transkrip versi Bahasa Inggris
  3. Medical Check Up (hanya legalisir notaris)
  4. Surat Keterangan Asuransi -> untuk NTUST bisa beli di Taiwan

Kalau bisa, ijazah dan transkrip versi bahasa inggris minta langsung ke Kampus atau kalau sudah dual bahasa lebih baik. Kalau kampus tidak menyediakan maka harus diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah. Mengapa lebih baik langsung resmi dari kampus? karena saat legalisir TETO tidak perlu menyertakan dokumen asli lagi dan pastinya biaya terjemahan jadi lebih murah. Sebagai perbandingan penerjemah tersumpah di LBI Universitas Indonesia Rp. 200.000,- biaya ijazah versi Bahasa Inggris langsung dari UI cuma Rp. 5.000,-. Apabila dokumen yang diberikan versi fotokopi atau dari penerjemah tersumpah, maka kita perlu menyertakan ijazah atau transkrip asli saat legalisir TETO dan diambil setelah selesai.

Mari kita bahas satu persatu proses legalisirnya. Alamat-alamat kantor akan aku tuliskan di bagian paling bawah post ini.

1. Notaris

Untuk teman-teman yang lulus dari kampus swasta atau beberapa kampus negeri, ijazah dan transkrip versi bahasa inggris perlu dilegalisir notaris. Apabila spesimen tanda tangan pejabat universitas yang menandatangani ijazah dan transkrip kalian tidak terdaftar di kemenkumham, maka ijazah dan transkrip perlu dilegalisir notaris. (Kalau pengalaman saya (Universitas Indonesia) tidak perlu dilegalisir notaris)

Dokumen lain yang perlu dilegalisir notaris adalah Medical check up dan Surat keterangan asuransi. Setelah legalisir notaris jangan lupa di fotokopi.

Notaris yang digunakan harus terdaftar di kemenkumham, jadi sebaiknya cari notaris yang ada di kemenkumham. Biasanya notaris banyak menunggu di koperasi dekat Kemenkumham.

Biaya: sekitar Rp. 75.000 – 100.000 per dokumen

2. Kemenkumham

Setelah selesai di notaris, dokumen yang perlu dilegalisir di kemenkumham adalah ijazah versi Bahasa Inggris, transkrip versi Bahasa Inggris, dan surat keterangan asuransi (kalau kalian tidak beli di Taiwan), dan fotokopi masing-masing dokumen.

Pertama kali sampai di Kantor Kemenkumham, langsung minta nomor antrian dengan satpam untuk legalisir dokumen. Jangan lupa bawa fotokopi KTP, Materai 6000 sesuai jumlah dokumen, dan semua dokumen dimasukan ke dalam map biru.

Proses pembayaran bisa dilakukan langsung disana. Jadi setelah selesai memasukan dokumen, kita akan mengambil nomor pembayaran di komputer yang tersedia di ruangan itu. Setelah dapat nomor pembayaran, langsung antri di loket BNI yang juga ada di ruangan itu dan membayar biaya legalisir.

Lama proses legalisir di kemenkumham adalah 3 hari kerja. Untuk pengambilan hasil legalisir tidak ada nomor antrian. Setelah sampai di kantor kemenkumham, langsung lapor ke satpam dan bukti pembayaran kita akan diambil untuk mengambil hasil legalisir. Kita hanya perlu menunggu sebentar untuk mengambil hasil legalisir itu.

Biaya: Rp. 25.000 per dokumen

legalisir dokumen di kemenkumham, kemenlu, TETO

legalisir dokumen di kemenkumham, kemenlu, TETO

legalisir dokumen di kemenkumham, kemenlu, TETO

legalisir dokumen di kemenkumham, kemenlu, TETO

3. Kemenlu

Setelah mengambil hasil legalisir kemenkumham, proses legalisir dapat dilanjutkan ke kemenlu. Dokumen yang perlu dilegalisir di kemenlu adalah hasil dari legalisir kemenkumham yaitu ijazah, transkrip, dan surat keterangan asuransi. 

Saat tiba di kantor kemenlu, kita perlu mengambil nomor antrian dan mengisi formulir mengenai dokumen yang dilegalisir dan negara tujuan. Kita memerlukan map kuning dan tidak perlu materai lagi.

Untuk pembayaran bisa menggunakan debit mandiri karena di loket tersebut sudah ada alatnya. Namun saya tidak tahu apakah bisa membayar menggunakan kartu debit yang lain atau cash.

Lama proses legalisir adalah 3 hari kerja. Untuk mengambil hasil legalisir kita perlu mengambil nomor antrian. Setelah ambil hasil legalisir jangan lupa di fotokopi untuk legalisir TETO.

Biaya: Rp. 25.000 per dokumen

legalisir dokumen di kemenkumham, kemenlu, TETO

legalisir dokumen di kemenkumham, kemenlu, TETO

legalisir dokumen di kemenkumham, kemenlu, TETO

legalisir dokumen di kemenkumham, kemenlu, TETO

legalisir dokumen di kemenkumham, kemenlu, TETO

legalisir dokumen di kemenkumham, kemenlu, TETO

legalisir dokumen di kemenkumham, kemenlu, TETO

legalisir dokumen di kemenkumham, kemenlu, TETO

4. TETO

Dokumen yang diperlukan untuk legalisir TETO adalah hasil legalisir Kemenlu yaitu ijazah, transkrip, surat keterangan asuransi, ditambah medical check up, dan fotokopi masing-masing dokumen tersebut. Kita juga perlu melampirkan fotokopi LOA dan fotokopi paspor.

Jadwal memasukan dokumen adalah pukul 8.30-11.30. Sedangkan jadwal mengambil dokumen adalah pukul 13.30-16.00.

Lama waktu legalisir adalah 5 hari kerja.

Biaya: Rp. 195.000 per dokumen

B. Pengajuan VISA Taiwan

Dokumen yang diperlukan adalah:

  • Paspor (asli dan fotokopi)
  • Ijazah Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (asli dan fotokopi)
  • Transkrip Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (asli dan fotokopi)
  • Kartu keluarga (fotokopi)
  • Medical Check Up (asli dan fotokopi)
  • Foto 4×6 berwarna background putih 2 lembar
  • Tabungan 3 bulan terakhir (fotokopi)
  • TOEFL/IELTS (fotokopi)
  • LOA (asli dan fotokopi)
  • Form VISA (asli)

Jadwal memasukan dokumen adalah pukul 8.30-11.30. Sedangkan jadwal mengambil dokumen adalah pukul 13.30-16.00.

Lama waktu legalisir adalah 2/3 hari kerja.

Biaya VISA Resident : Rp. 858.000,-

C. Alamat Kantor

  • Kantor Kementerian Hukum dan HAM

Jl. H.R Rasuna Said Kav 6-7 Kuningan, Jakarta Selatan. (Persis di seberang Plaza Festival Kuningan)

Stasiun yang dekat adalah Stasiun Sudirman, kemudian bisa naik gojek, grab, atau uber.

  • Kantor Kementerian Luar Negeri

Jl. Pejambon No.6 Jakarta Pusat (Dekat Stasiun Gambir)

Stasiun yang dekat mungkin Stasiun Juanda atau Stasiun Cikini.

  • Kantor TETO

Jl. Jendral Sudirman Kav 52-53 Gedung Artha Graha Lantai 12 (Seberang Pacific Place)

Stasiun yang dekat adalah Stasiun Sudirman.

 

Jadi, begitulah proses legalisir dokumen di kemenkumham, kemenlu, TETO. Semoga teman-teman mendapat informasi yang dibutuhkan ya 🙂 Blog post lain yang berkaitan dengan Taiwan dapat dilihat di -> Kategori Taiwan williamwchandra.com

Untuk blog post pembuatan VISA Pelajar Taiwan bisa dibaca disini -> Pengalaman Mengurus VISA Pelajar Taiwan

 

Terima kasih telah membaca teman-teman 🙂

 

William Wei Chandra – @williamwchandra

2 Comments

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: