Career, Uncategorized

Contoh Soal Psikotes BCA | Soal Tes Psikotes BCA | Seri tes BCA 2

soal psikotes bank bca

Hai teman-teman, setelah tulis soal tes bank BCA SHL di blog post sebelumnya, kali ini aku mau tulis tentang contoh soal psikotes BCA.  Banyak teman-teman yang request aku untuk tulis tentang topik ini. Jadi langsung aja yuk dibaca di bawah ini.

Soal Psikotes BCA

Setelah menyelesaikan tes SHL online, aku tunggu kabar sekitar 1 minggu dan akhirnya dapat email dari BCA untuk mengikuti Psikotes BCA. Hal yang perlu dipersiapkan adalah fotokopi KTP, fotokopi transkrip nilai, dan foto berwarna 4×6. Psikotes ini sama dengan psikotes pada umumnya. Aku sudah mulai persiapkan diri dengan beli buku psikotes dan mulai coba kerjain soal-soal psikotes dari buku itu. Psikotes BCA ini diadakan di Wisma Slipi lantai 2. Oh ya, yang mengadakan psikotes ini bukan BCA langsung tapi dari tim seleksi, kalau tidak salah nama timnya Insan.

Psikotes BCA ini terdiri dari 3 tahap. Tahap pertama itu tes kemampuan akademik, tahap kedua tes kepribadian, dan tahap ketiga adalah interview. Sistem tesnya adalah sistem gugur. Jadi kalau di tahap pertama tidak lulus, maka tidak perlu mengikuti tahap kedua dan ketiga.

Soal Psikotes BCA – Tahap Pertama

Tahap Pertama – Tes Pertama

Pada tahap pertama ada dua tes. Tes pertama ada 9 subtes, yaitu:

  1. Menentukan lawan kata
  2. Melengkapi suatu kalimat dengan kata yang paling tepat
  3. Menentukan kata yang berbeda artinya dari suatu kelompok kata (dari 5 kata pilih 1 yang beda artinya)
  4. menentukan 1 kata yang mewakili 2 kata yang lain (itik-ayam -> kata apa yang merepresentasikan keduanya?)
  5. Menentukan deret angka
  6. tes hitungan matematika (contohnya: jika A pergi ke kota B dengan kecepatan 60km/jam dalam waktu 4 jam, berapa jarak yang ditempuh A dalam waktu 1 jam, dan sebagainya)
  7. *** lupa *** (masih mengenai gambar, sepertinya hampir sama dengan subtest 8)
  8. Menentukan gambar yang dapat dibentuk dari suatu abstrak (kalau gambar abstrak disusun ulang akan membentuk gambar yang mana a/b/c/d/e)
  9. Posisi Kubus yang memiliki pattern (kubus tersebut kalau diposisikan ulang akan menjadi kubus yang mana a/b/c/d/e)

Tahap Pertama – Tes Pertama – Tes Memori

Ada tambahan satu lagi yaitu tes memori/hapalan. Kita diberi kata-kata berdasarkan kategori, misalnya:

  • binatang : kerbau, harimau, zebra
  • bunga: dahlia, yasmin, soka
  • perkakas: jarum, wajan
  • kesenian:gamelan, arca, opera
  • burung: itik, elang, perkutut

Kata-katanya ada 5 atau 6 dan kita harus menghapal semua kata-kata itu dalam waktu 3 menit. Kemudian, kita diberi lembar baru dan tugas kita adalah menentukan kata yang berawalan dengan k di kategori yang mana, kata yang berawalan y ada di kategori yang mana, dst. Jadi, setiap kata inisialnya tidak ada yang sama.

Tahap Pertama – Tes Kedua

Tes Kedua pada tahap pertama adalah Tes Pauli atau lebih dikenal dengan sebutan tes koran. Jadi pada tes ini, kita diberi kertas yang besar banget yang isinya deretan angka. Kita harus menjumlahkan setiap dua angka secepat dan seteliti mungkin. Kemudian setiap beberapa menit akan diberi perintah garis (beri garis pada bagian terakhir yang kita kerjakan) dan tetap lanjut mengerjakan hingga disuruh berhenti.

Soal Psikotes BCA – Tahap Kedua

Setelah tahap pertama selesai, kita disuruh tunggu 15 menit. Setelah 15 menit, nama-nama orang yang tidak lolos di tahap pertama akan dimunculkan di layar dan boleh meninggalkan ruangan. Lanjut ke tahap kedua.

Pada tahap kedua ini, kita ngerjain 4 tes, yaitu:

  1. Menentukan kalimat yang lebih sesuai dengan kepribadian kita (ada dua kalimat, atas atau bawah)
  2. Test Wartegg (ada 8 kotak dengan tanda yang khas, kita harus menggambar/melanjutkan gambar dari tanda itu)

    psikotes bca
    psikotes bca
  3. Menggambar pohon yang berkayu (ada jenis pohon yang tidak boleh digambar)
  4. Menggambar orang yang melakukan aktivitas

Soal Psikotes BCA – Tahap Ketiga

Tahap kedua tidak ada batasan waktu, tapi katanya umumnya 1 jam. Waktu tidak dibatasi karna berbarengan dengan tahap ketiga yaitu interview. Jadi selama kerjain tes tahap kedua, satu per satu akan dipanggil keluar untuk interview.

Untuk interview, pertanyaannya masih seputar keseharian. Tidak ada pertanyaan-pertanyaan teknis. Dari proses wawancara, aku nangkep kalau ini juga menilai kepribadian dan kecocokan dengan posisi yang diinginkan. Soalnya pewawancara aku waktu itu bilang kalau kita tidak pasti akan masuk posisi yang diinginkan kalau kita tidak pas di posisi itu. Di proses  wawancara ini juga ditanya, suka kerja berkelompok atau sendiri, mengapa daftar posisi tersebut, dll.

Kalau sudah test 3 tahap, maka boleh langsung pulang. Oh ya, Kita juga diberi makan siang kalau lulus ke tahap kedua.

 

Semoga teman-teman yang baca merasa terbantu dan dapat informasi yang dibutuhkan ya. Kalau mau tau contoh soal tes SHL Bank BCA dan verifikasi tes SHL Bank BCA bisa baca blog post aku di seri Tes BCA yang lain:

  1. Contoh Soal Tes SHL Bank BCA | Soal Tes Bank BCA | Seri tes BCA 1
  2. Contoh Soal Psikotes Bank BCA | Soal Tes Bank BCA | Seri tes BCA 2
  3. Verifikasi Tes SHL Bank BCA | Soal Tes Bank BCA | Seri Tes BCA 3

Good luck!

 

William Wei Chandra (@williamwchandra)

Indonesian born-and-raised, I lived in Indonesia for 20 years and currently live in Taiwan. I speak Bahasa Indonesia, English, and Chinese (and still learning). The next language that I want to learn would be French or Spanish. I love to write, capture moments, create beautiful things (designing, editing photos&videos), and travel (exploring the nature). Oh! one more thing, I’m a bullet journalist. I’ve been doing it for almost 1 year    You can follow me @williamwchandra

Tagged

9 thoughts on “Contoh Soal Psikotes BCA | Soal Tes Psikotes BCA | Seri tes BCA 2

  1. kak aku mau tanya, kalau kita udah lolos tahap ini, lalu kita ke tahap mana lagi? terus kalau kita gugur di thp ke 2 atau 3, itu dikasih tau ga?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *