Bullet Journal

Cara Membuat Bullet Journal Untuk Pemula | @williamwchandra

Cara Memulai Bullet Journal Untuk Pemula williamwchandra

Hai teman-teman, kali ini aku mau sharing tentang bullet journal. Yap! blog post ini adalah hasil request teman-teman aku di Instagram yang sering banget minta aku tulis cara membuat bullet journal. Aku sudah mulai membuat bullet journal sejak Mei 2017 dan masih rutin sampai sekarang. Aku juga sering banget sharing bullet journal aku di Instagram dan di blog ini. Jadi kalau mau lihat atau baca koleksi bullet journal aku, teman-teman bisa lihat di link berikut ya:

Kategori Bullet Journal : Bullet Journal di williamwchandra.com

Instagram : @williamwchandra

Satu hal yang aku mau sampaikan ke teman-teman semua sebelum mulai membaca blog post ini adalah

Buat Bullet Journal Itu Gampang Banget!!!! 

Ayo kita Mulai!!

Hal yang Kamu Butuhkan – Cara Membuat Bullet Journal

Hal Dasar

Bagi aku, cuma ada 3 hal yang paling penting untuk membuat bullet journal yaitu buku, pulpen, dan penggaris. Aku suka dengan bullet journal yang simple dan minimalis karena aku sendiri menggunakan bullet journal agar aku menjadi lebih produktif, lebih teratur, dan lebih terorganisir.

  1.  Buku
    • Kamu bisa menggunakan buku jenis apapun yang kamu suka.
    • Untuk kertasnya sendiri ada 3 jenis yang paling populer digunakan.
      • Blank
      • Squared
      • Dotted
    • Banyak teman-teman yang tanya aku beli bukunya dimana. Aku beli buku bullet journal di Aliexpress. Buku pertama aku beli kertasnya yang tipe blank, yang kedua aku beli yang dotted. Ini link-nya.

      Bullet Journal  williamwchandra
      Bullet Journal williamwchandra
  2. Pulpen
    • Kamu juga bisa menggunakan pulpen apa saja. Aku suka menggunakan pulpen tinta ukuran minimal 0.5 biar tulisannya kelihatan lebih tebal. Ukuran pulpen yang paling kecil aku gunakan adalah 0.3. Aku kurang suka dengan ukuran pulpen yang terlalu kecil.
    • Merk pulpen yang aku gunakan saat ini adalah Muji.
  3. Penggaris
    • Teman-teman tentu saja bisa menggunakan penggaris apa saja. Aku pakai penggaris untuk buat bullet journal yang rapi, sederhana, dan minimalis.

Tambahan (Opsional)

Untuk hal-hal tambahan lebih digunakan untuk menghias dan dekorasi. Jadi kalau teman-teman tidak butuh banyak dekorasi bisa lewati bagian ini ya.

  1. Pulpen Warna
    • Pulpen warna bisa digunakan untuk membedakan bagian-bagian tertentu. Misalnya untuk membuat judul dengan warna yang berbeda, menggambar atau doodles lucu, memberi tanda atau garis pada bagian penting.
  2. Washi Tape
    • Washi tape bisa digunakan untuk menandai halaman penting, sticker, dan menempel sesuatu di bullet journal.
  3. Stickers
    • Salah satu cara paling mudah menghias bullet journal adalah dengan membeli stiker-stiker lucu dan dijadikan hiasan di bullet journal kalian.
  4. Pulpen Kaligrafi
    • Beberapa pengguna bullet journal juga suka yang namanya lettering dan kaligrafi. Pulpen kaligrafi membuat tulisan menjadi lebih tebal dan mencolok sehingga cocok digunakan untuk membuat judul.
  5. Cat Warna Air (watercolor paint)
    • Salah satu cara menghias bullet journal adalah dengan melukis, iya kamu tidak salah baca, melukis. Aku sendiri pernah menggunakan cat warna air untuk menghias bullet journal.
  6. Hiasan lain-lain
    • Hiasan lain yang sering digunakan adalah kertas-kertas bekas atau potongan majalah. Jadi hiasannya terlihat seperti scrapbook.

Hal yang Perlu Kamu Lakukan – Cara Membuat Bullet Journal

Bullet journal itu sangat fleksibel. Kamu bisa membuat apa saja di bullet journal mulai dari menggambar, diary, to-do lists, doodles, tracker, dan masih banyak lagi. Namun bagian yang menurutku wajib ada di bullet journal adalah sistem bullet journal itu sendiri. Berikut 3 bagian yang digunakan di sistem bullet journal:

  1. Future Log
    • Future log ini penting karena saat pertama kali memulai bullet journal, buku kita masih kosong. Jadi future log ini berfungsi untuk mencatat tanggal-tanggal penting selama satu tahun kedepan. Ketika memulai monthly log, kita akan mengacu pada future log untuk melihat tanggal-tanggal penting yang ada pada bulan itu.

      future log bullet journal williamwchandra
      Future Log Bullet Journal williamwchandra
  2. Monthly Log
    • Monthly log itu adalah bagian awal setiap bulan. Pada bagian ini kita mencatat tanggal-tanggal penting yang ada pada bulan itu yang sudah kita lihat dari future log.Bisa dilihat juga gambar di bawah ini, aku menambah bagian “Goals” dan “Priorities” pada Monthly Log.

      Monthly Log Bullet Journal williamwchandra
      Monthly Log Bullet Journal williamwchandra
  3. Daily Log
    • Pada bagian daily log, kita menuliskan tugas-tugas, kegiatan, dan pengingat yang ada pada hari itu. Untuk membuat bagian ini menjadi lebih konsisten dan teratur, kita menggunakan simbol-simbol khusus.
      Simbol Bullet Journal williamwchandra
      Simbol Bullet Journal williamwchandra

      Daily Log Bullet Journal williamwchandra
      Daily Log Bullet Journal williamwchandra

Penutup dari William Wei Chandra

Gimana? cara memulai bullet journal tidak sulit kan teman-teman? Kalau kalian baru mau mulai menggunakan sistem bullet journal, aku menyarankan untuk memulai dengan yang sederhana dan minimalis. Jangan minder dan patah semangat ketika melihat bullet journal orang lain yang keren dan dekoratif. Tetap ingat kalau tujuan kita menggunakan bullet journal adalah untuk membuat diri kita menjadi lebih produktif dan terorganisir.

Terima kasih sudah membaca ya teman-teman. Kalian bisa membaca blog post terkait di bagian ini -> Bullet Journal di williamwchandra.com

Have a nice day 🙂

 

William Wei Chandra @williamwchandra

Indonesian born-and-raised, I lived in Indonesia for 20 years and currently live in Taiwan. I speak Bahasa Indonesia, English, and Chinese (and still learning). The next language that I want to learn would be French or Spanish. I love to write, capture moments, create beautiful things (designing, editing photos&videos), and travel (exploring the nature). Oh! one more thing, I’m a bullet journalist. I’ve been doing it for almost 1 year    You can follow me @williamwchandra

Tagged ,

7 thoughts on “Cara Membuat Bullet Journal Untuk Pemula | @williamwchandra

  1. What’s up! Perfect statement! I prefer the
    way in which referred to Cara Memulai Bullet Journal
    :). This is often a top notch prepared articles! Enjoy that
    highly.
    Regrettably should be able to develop as effective as the
    creator on the web. Most of us battle when it comes to text .

    Cause, I chose to purchase regular by way of report jotting
    net sites. Appreciate the fact that be certain that Naturally i won’t consume some of my funds deception, Which i visit this website Callum the places I’m able
    to evaluate true yet specialist reviews of diverse writing companies

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *